Penjelasan 7 lapisan OSI Layer

Penjelasan 7 lapisan OSI Layer

Penjelasan 7 lapisan OSI Layer – Standar OSI Layer ini sebenarnya bekerja dalam prosedur yang sangat sistematis. Konsep ini akan membagi alur sistem komunikasi secara runtut ke dalam tujuh lapisan abstrak dengan peranannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tujuh lapisan dalam konsep OSI Layer tersebut.

Penjelasan 7 lapisan OSI Layer

Application
Tahapan ini ada kaitannya langsung dengan User. Application Layer sendiri merupakan prosedur penyambungan komunikasi dari perangkat. Artinya Application Layer adalah penghubung antara perangkat dan sistem komputer.

Presentation
Presentation Layer bertanggung jawab dalam mempersiapkan data Warunk Upnormal supaya bisa digunakan dengan program tertentu saja. Atau dengan kata lain, mempresentasikan data agar program tersebut dapat menyerap, mengakses, dan menggunakannya. Presentation Layer sendiri berperan sebagai penerjemah bahasa komunikasi yang berbeda antara dua perangkat komputer dan yang lainnya. Melakukan enkripsi data dari perangkat sumber, lalu mendekripsinya pada perangkat yang akan menerimanya.

Session
Durasi waktu yang diperlukan untuk berkomunikasi ini biasa disebut dengan Session atau sesi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk membuka jaringan dalam durasi waktu yang cukup agar pertukaran data berjalan dengan baik. Session Layer sendiri mengirimkan data melalui pos-pos.

Transport
Transport Layer di sini berperan sebagai penanggung jawab pengiriman pesan antara kedua perangkat. Mengambil data dari layer sebelumnya dan meneruskannya ke lapisan berikutnya, sekaligus memastikan bahwa data yang dikirimkan tersebut tersampaikan dengan baik.

Network
Dalam hal ini, Network Layer sendiri memiliki tugas untuk memberikan jalur, sebagai fasilitas bagi proses pertukaran informasi antara dua jaringan yang berbeda. Network Layer sendiri tidak diperlukan pada komunikasi perangkat di jaringan yang sama. Network Layer ini nantinya akan mencari jalur komunikasi terbaik antarjaringan. Lapisan ini menyalurkan data kiriman dari perangkat sumber dengan cara membaginya dalam paket-paket yang kecil. Kemudian menyusunnya kembali ketika telah sampai pada perangkat penerimanya.

Data Link
Jika Network Layer adalah penyalur informasi antarjaringan, maka Data Link sendiri merupakan pemberi jalur komunikasi di dalam jaringan yang sama. Tugas-tugasnya sendiri hampir sama dengan Network Layer dan Transport Layer, hanya saja internal dalam satu jaringan.

Physical
Lapisan paling dasar dari ketujuh OSI Layer. Bertanggung jawab mentransmisikan data dalam bentuk bit stream. Physical Layer mencakup segala peranti pertukaran informasi yang dimiliki oleh dua perangkat yang melakukannya, termasuk kabel dan tombol-tombol.

Bit stream bisa dikatakan sebagai data digital. Bentuknya tak kasat mata dan berurutan melalui alur tertentu yang bisa ditransmisikan melalui media fisik. Contoh data digital, seperti tegangan listrik, frekuensi radio, frekuensi internet, cahaya, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.