Tipe Sistem Keamanan Jaringan

Tipe Sistem Keamanan Jaringan – Sistem keamanan jaringan adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah sistem, security tools, atau kebijakan keamanan yang dirancang untuk memantau, mencegah, dan merespons gangguan jaringan yang tidak sah. Keamanan jaringan baik yang berbentuk software ataupun hardware didesain untuk merespon berbagai potensi serangan siber yang menargetkan jaringan kalian. Selain sistem keamanan jaringan juga akan melindungi aset digital termasuk network traffic kalian.

Sistem keamanan jaringan yang buruk memungkinkan akan mendatangkan ancaman yang membahayakan perangkat komputer maupun laptop kalian. Menurut Cyber Security Venture , setidaknya kejatahan cyber akan merugikan dunia sebesar $ 6 triliun di tahun 2021 ini. Prediksi ini didasarkan pada jumlah kejahatan cyber yang terus bertambah setiap tahunnya. Oleh sebab itu penting rasanya untuk menggunakan sistem keamanan jaringan yang lebih baik agar pekerjaan atau bisnis yang kalian lakukan tidak akan terganggu.

Tipe Sistem Keamanan Jaringan

Access control

Kalian diharuskan untuk memblokir user serta perangkat tidak sah yang mencoba mengakses jaringan kalian. Jika pengguna tidak sah tidak dapat masuk ke dalam jaringan, maka bisa dipastikan kerusakan yang dapat mereka lakukan akan sangat terbatas.

Application security

Aplikasi yang tidak memiliki sistem keamanan yang baik seringkali digunakan penyerang untuk mengakses jaringan kalian. Maka dari itu , segera terapkan sistem keamanan aplikasi guna melindungi apliaksi apapunyang berkaitan dengan keamanan jaringan kalian.

Email security

Email security juga diperlukan karena manusia atau user sering menjadi target serangan email phishing. Dengan adanya email security , kalian akan terbantu untuk mengidentifikasi email berbahaya serta memblokir serangan.

Firewall

Firewall memiliki tugas sebagai  penghalang antara jaringan eksternal yang tidak terpercaya dengan jaringan internal kalian. Pihak administrator biasanya akan mengkonfigurasi sekumpulan aturan yang ditentukan untuk memblokir atau mengizinkan lalu lintas ke dalam jaringan.

Virtual Private Networks (VPN)

VPN merupakan alat yang dapat mengautentikasi komunikasi antara perangkat dan jaringan. Ketika kalian menggunakan aplikasi VPN , akan tercipta “terowongan” terenkripsi yang aman untuk menghubungan perangkat kalian dengan jaringan internet. Dengan VPN , kalian akan terlindungi dari pengintai atau gangguan lain.

Network Segmentation

Ada banyak sekali jenis network traffic. Dan dari masing masing traffic tersebut memiliki resiko ancaman yang berbeda beda. Nah network segmentation ini dapat meningkatkan sistem keamanan jaringan kalian dengan cara membagi  jaringan komputer menjadi beberapa bagian sehingga mudah untuk mengontrol bagaimana traffic mengalir ke seluruh jaringan.

Antimalware Security

Dan yang terakhir berbentuk perangkat lunak antivirus dan antimalware yang dapat melindungi perusahaan kalian dari berbagai malicious software, seperti virus, ransomware, worm, dan trojan. Gunakan antimalware agar dapat terus memindai dan melacak file berbahaya yang ada dalam jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *